Yang Tampak Buruk Belum Tentu Buruk

“...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu me-nyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”

Qs. Al Baqarah: 216


“...(bersabarlah) karena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan 
padanya kebaikan yang banyak”
Qs. Annisa: 19

Jangan bersedih, hal yang anda anggap baik bisa jadi mengandung banyak kemudlaratan bagi anda dan yang anda anggap buruk bisa jadi mengandung banyak kemaslahatan untuk anda, Anda tidak mengetahui apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Berfikirlah Positive meski anda sedang menghadapi keadaan buruk, Pandanglah keadaan dari sisi yang paling menguntungkan, bukankah Allah selalu menentukan Qadha’ yang terbaik?? Dalam hadist qudsi, dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda, Allah berfirman:

Aku menurut persangkaan hamba-Ku dan Aku menyertainya, dimana saja ia berdzikir kepada-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam hatinya, maka Aku menginatnya dalam hati-Ku. Jika ia mengingat-Ku di depan umum, maka Aku mengingatnya di depan khalayak yang lebih baik. Dan seandainya ia mendekatkan dirinya kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sehasta. Jika ia mendekat pada-Ku sehasta, Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sedepa, jika ia datang pada-Ku berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.
HR. Bukhari Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Baihaqi

Pandanglah musibah dari sisi yang paling memberikan harapan, bayangkan pahala dan hikmah yang anda dapatkan. Sadarilah bahwa musibah yang menimpa diri anda itu lebih ringan jika dibandingkan dengan yang menimpa orang lain. Belajarlah dari orang-orang yang telah mendapat cobaan dan ujian yang sama.

Sedikit dan mencukupi itu lebih baik dari pada banyak tetapi melalaikan (HR. Abu Ya’la)

Ada yang memiliki banyak namun hati tetap bersedih dan mulut tak henti mengeluh. Ada yang memiliki sedikit namun hati bahagia dan bibir pun tersenyum.

Perhatikan kisah orang-orang kaya yang mati bunuh diri, perhatikan kisah orang miskin yang meninggal dengan senyuman.

Bersyukurlah atas segala ketetapan Allah untuk anda, maka kebahagiaan anda akan bertambah. Ingat, Allah Maha Mengetahui Maha Bijaksana selalu memberikan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar