Jangan berharap pada manusia, Penolong dan Pelindungmu Hanya Allah



“dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dia-lah yang Maha cepat hisab-Nya.”
Qs. Ar Rad: 41

... Dan sekali-kali tidak ada pelindung dan penolong bagimu selain Allah.”
Qs. At Taubah: 116

Tegakkan “hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan” (Qs. Al Fatihah: 5) dan “Hanya Kepada Tuhamulah engkau berharap” 
Qs. Al Insyirah: 8

atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” Qs. An-Naml: 62

 “Bersabarlah yang baik, maka niscaya kelapangan itu begitu dekat. Barang siapa yang mendekatkan diri pada Allah untuk lepas dari kesulitan, maka ia pasti akan selamat. Barang saiap yang begitu yakin dengan Allah, maka ia pasti tidak merasakan penderitaan. Barang siapa yang selalu berharap pada-Nya, maka Allah pasti akan memberi pertolongan “
Imam Syafi’i

Ketika hatimu berharap kepada seseorang maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan, supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya.
Imam Syafi’i

Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia
Ali bin Abi Thalib
  
“...Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Allah. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”
QS. Ali ‘Imran: 173-174

“Segala puji bagi Allah yang memiliki apa yang di langit dan apa yang di bumi dan bagi-Nya (pula) segala puji di akhirat. Dan Dia-lah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.”
QS. Saba’: 34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar